Breaking News
Home / news / Mesin Hitung Uang

Mesin Hitung Uang

Mesin Hitung Uang – Ketika Anda ingin memulai sebuah bisnis toko ataupun restoran, satu alat yang sangat penting untuk dimiliki adalah mesin hitung uang atau cash register.  Penggunaannya akan membuat efisiensi dalam perhitungan dan pencatatan transaksi setiap harinya. Ketika pertama dikenal, mesin ini bekerja dengan manual tanpa fitur pencetak tanda terima dan memori untuk menyimpan data secara digital. Perkembangan tekhnologi snagat cepat membuatnya menjadi mesin yang snagat canggih dengan kapasitas penyimpanan memori transaksi dari harian hingga hitungan bulan dan tahun.

Mesin hitung uang pertama ditemukan oleh James Riitty pada tahun 1879. Pada tahun 1884 dikembangkan menjadi sebuah mesin yang lebih canggih dengan rekaman transaksi yang tercetak. Saat ini jenisnya sangat banyak dengan fitur-fitur canggih sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda masing-masing.

Mesin Hitung Uang

Mesin hitung uang modern yang telah terkomputerisasi akan dapat melakukan berbagai tugas, bukan hanya sebagai mesin kasir yang mencatat hasil transaksi. Tujuan pertama penciptaan mesin ini adalah untuk mencegah pencurian yang dilakukan oleh karyawan, komputerisasi telah menambah banyak manfaatnya. Mesin ini dapat memantau persediaan barang, mencetak kuitansi resmi untuk pelanggan, membaca semua kartu kredit maupun debit yang digunakan oleh pelanggan, bahkan untuk mendeteksi keaslian uang tunai  yang dibayarkan.

Berhubungan dengan cara pengoperasiannya maka sebuah mesin hitung uang akan terdiri dari sebuah perangkat elektronik yang memiliki fungsi mekanis untuk membuka dan menutup laci uang, terhubung dengan sebuah scanner barcode, terminal kartu kredit dan debit serta check-tribun. Untuk mereka yangmenggunakan tekhnologi komputer maka dilengkapi dnegan software Point of Sale (POS).

Ada tiga jenis yang tersedia di pasaran, yaitu : mesin hitung uang standar, self check-out counter, dan PC dengan software POS. Jenis pertama akan sering Anda lihat di toko retail atau restoran, fungsinya untuk melacak setiap transaksi yanng dilakukan oleh kasir.

Untuk jenis kedua, dapat digunakan untuk memindai bar code barang. Seringkali tersedia di supermarket modern dengan fasilitas cek harga bagi pelanggan.  Sedangkan jenis ketiga, pemindaian barcode harus dilakukan oleh kasir untuk memasukkan data harga pada barang yang dibeli. Menurut testimoni pra pengguna, maka mesin hitung uang jenis kedua lah yang paling efektif dan efisien digunakan.

Mesin Hitung Uang

 

Mau berlangganan via email?

Tuliskan Email Anda :

About argun

Tinggalkan komentar Anda:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *